Rabu, 02 Januari 2013

1 Kisah Sebelum Kuliah di "Teknik Kelautan ITS"


Malam itu saya lagi asyik nonton televisi, apalagi kalau bukan berita. Tontonan yang paling saya gemari.
Saat lagi asyik Terdengar suara Handphone berdering, eh ada sms. Dan isinya adalah jarkom dari teman-teman SMA,  kalau siswa SMA 3 Lumajang Lulus 100%. Alhamdulillah J

Teman-teman dapat kabar terlebih dahulu sebelum pengumuman resmi dari Sekolah dikumandangkan.
Semenjak kelulusan itu yang terpikirkan adalah melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sebelumnya saya memang pernah mendaftar melalui jalur PMDK Undangan ke Universitas Brawijaya, kala itu saya mengambil jurusan Teknik Informatika. Sejak SMP ketertarikan saya terhadap computer cukup tinggi.

Namun alhasil rilis pengumuman dari Universitas di Malang tersebut tidak meluluskan saya menjadi Mahasiswa Baru UB. Saya sampaikan kabar ini kepada Ibu Bapak dan Keluarga. Dan niatan kemudian untuk mendaftar ke STAN dan STIS (Sekolah Tinggi Akutansi Negara dan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik).
Orangtua saya sangat mendukung saya untuk berkuliah, sehingga restu dari orangtua untuk membiayai kuliah sudah saya kantongi. Meski dalam hati saya merasa memiliki sedikit beban akan uang yang cukup besar untuk biaya pendaftaran. Dan akhirnya saya mencoba mendaftar untuk kuliah di STAN dan STIS

Kemudian setelah proses pendaftaran dan proses seleksi selesai saya lalui. Ternyata usaha saya terhenti lagi, saya tidak lulus di STIS!. Perasaan kecewa pasti ada, “Oke saya harus berusaha lebih!”.

Namun sebelumnya saya juga mendaftar SNMPTN Ujian Tulis yang jadwal ujiannya hanya berselang 4 hari saja, lebih awal dari ujian STAN. Perasaan minder saya yang cukup dominan pada saat memililh jurusan yang ber-passing grade tinggi. Akibat tidak diterimanya saya di Teknik Informatika UB dan STIS ditambah lagi saya tidak ikut BIMBEL dan harus bersaing dengan mereka yang kursus dan mengukuti Bimbingan Belajar.

Hafft. Akhirnya terasa jika hidup ini benar-benar pilihan. Dan pilihan jurusan yang saya ambil adalah Teknik Kelautan ITS. Jurusan yang cukup tidak terkenal. Alasan saya sederhana, memilih passing grade yang relative rendah agar bisa diterima kuliah di PTN!.


Ceritanya nih, pas lagi ada Roadshow dari ITS tepatnya Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS ke SMA dan mempresentasikan tentang jurusan yang ada, nah pas waktu itu saya pertama kalinya tahu Teknik Kelautan. Dulu nih pas kakak2 dari ITS roadshow menampilkan gambar2 tentang Offshore Structure yang keren dan membuatku tertarik tentang teknologi dan kecanggihannya. Lebih lagi setelah melihat passing grade nya cukup rendah (tahun 2010 dulu kalau tidak salah sekitar 39%).

Well, saya beritahu Ayah tentang pilihan saya ini, dan beliau sepertinya menyarankanku untuk memilih jurusan Perencanaan Wilayah Kota. Namun saya tidak menuruti pilihan beliau karena merasa tidak cocok dan yang terbayang adalah menggambar kota, hmm saya tidak begitu suka menggambar. Oke, Jurusan Teknik Kelautan ITS sebagai pilihan pertama SNMPTN 2010 .

Setelah hari H pengumuman penerimaan SNMPTN saya bergegas ke Warnet untuk melihat hasil diterima/tidaknya di Perguruan Negeri. Alhamdulillah saya diterima di Teknik Kelautan. Perasaan sanagat senang, lega dan bersyukur, langsung saya kabari Ibu dan Ayah saya. Saya juga cukup bangga menjadi satu-satunya di anggota keluarga yang masuk (salah satu) Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Hati serasa plooong (baca: lega) bisa membuktikan pada orangtua dan memberikan kepastian dari harapan kuliah. Tidak dipungkiri biaya formulir pendaftaran saja sudah mahal.

Orangtua dan saya akhirnya memuutuskan untuk melakukan pendaftaran ulang di ITS, pada saat itu pengumuman STAN masih belum tiba. Kehendak Allah mungkin agar saya memilih pilihan ini, dan ternyata di STAN saya tidak lulus. Alhamdulillah.

Selamat Datang di Kampus Perjuangan (ITS Surabaya).

Rasa syukur kepada Allah, dan berterima kasih kepada orangtua, saudara, guru, teman menjadi moment yang pas pada waktu itu.  



6 komentar:

  1. sekarang tekla udah lumayan tinggilah pasing gradenya

    BalasHapus
  2. Perkiraan tahun 2015 berapa kak PG ny

    BalasHapus
  3. tanya dong kak, di teknik kelautan pelajaran yang harus kita kuasai apa aja?

    BalasHapus
  4. Wah baru buka blog.
    Nabilla: iya dapat kabar dr temen kampus, skrg udah naik Tekla PG nya.
    Nova Putri: Wah kurang tahu skrg brp PG. mungkin sudah diatas 40
    Arnita: Di Teknik Kelautan secara garis besar nanti belajar:

    1. Merancang & menghitung Kapal

    2. Belajar merancang dan menghitung Bangunan Pantai (seperti Dermaga, Pelabuhan, Tembok Pelindung Pantai, Jetty, dll),

    3. Merancang dan menghitung bangunan Lepas Pantai (Platform Pengeboran Lepas Pantai: Offshore Jacket Platform dll)

    4. Belajar tentang Manajemen Pantai, Energi dan Lingkungan Laut, Pencemaran Laut dan lain lain.

    BalasHapus
  5. Untuk sbmptn 2016 ada nggak kak? Trus susa nggak masuknya

    BalasHapus
  6. kak, itu pas lolos snmptn teknik kelautan itu pilihan prodi yang ke berapa? biasanya kan disediakan 3 pilihan prodi untuk 2 kampus yang berbeda..

    BalasHapus